Orang Tua Murid dan Murid Paud Plus Az-zalfa Bersemangat Mengikuti Acara Puncak GERNAS Baku

Orang Tua Murid dan Murid Paud Plus Az-zalfa Bersemangat Mengikuti Acara Puncak GERNAS Baku

Program Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) merupakan suatu inisiatif agar orang tua meluangkan waktu untuk membacakan buku kepada anak-anaknya.

Program Gernas Baku dideklarasikan serentak di seluruh Indonesia  pada Rabu (2/5/2018). Sementara acara puncaknya berlangsung pada Sabtu (5/5/2018). Hari ini PAUD Plus Az-zalfa juga mengadakan kegiatan acara puncak Gernas Baku. sebanyak 130  peserta didik Paud Plus Az-zalfa didampingi para orangtuanya mengikuti rangkaian acara puncak di kampus Paud Plus Az-zalfa. Diawali senam bersama dengan lagu Gernas Baku dan kegiatan membacakan buku kepada di dalam kelas, orangtu dan anak didik Paud plus Az-zalfa nampak bersemangat dan antusias sekali mengikuti kegiatan tersebut.

Menurut Mrs Yanti yang merupakan pengelola Paud plus Az-zalfa, penyelenggaraan acara ini dalam rangka mendukung program GERNAS BAKU dari pemerintah, dan beliau berharap gerakan ini mampu  membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak. Karena kegiatan membacakan buku dapat mempererat hubungan sosial – emosi atara anak dan orang tua, serta menumbuhkan minat baca anak sejak dini. Orang tua mempunyai peran yang sangat penting untuk menumbuhkan minat baca pada anak. ”Membacakan buku sebuah kebutuhan dalam pengasuhan karena banyak orang yang sukses di awali dengan kecintaannya akan membaca,” jelas Mrs Yanti.

Ratna salah seorang wali murid menyambut baik program Gernas Baku.
Dirinya mengatakan, memasuki zaman teknologi saat ini, para orang tua terkadang memang sering melupakan momentum membacakan buku kepada anaknya.

“Iya memang, kebanyakan main gadget, kadang waktu terbuang dan lupa membacakan buku, padahal zaman kami kecil dulu yang begini sudah ada dibacakan cerita atau dongeng oleh orang tua,” ujarnya.

Senada, Mahfud mengaku program Gernas Baku dapat meningkatkan kedekatan hubungan anak dengan orangtua. Karena dirinya sebagai seorang pegawai  terkadang hanya memiliki sedikit waktu berkumpul dengan anak-anaknya.

“Penting sekali, kita merasakan bagi yang bekerja terkadang waktu hanya sedikit waktu  dengan anak-anak, pergi pagi pulang sore kadang malam, tetapi dengan adanya program ini kita termotivasi, komunikasi dengan anak dengan kegiatan membacakan buku itu baik,” katanya. (Mr. Irul/05-05-2018)