MENANAMKAN MAKNA IDUL ADHA/HARI RAYA KURBAN KEPADA ANAK ANAK

MENANAMKAN MAKNA IDUL ADHA/HARI RAYA KURBAN KEPADA ANAK ANAK

MENANAMKAN_MAKNA_IDUL_ADHA/HARI_RAYA_KURBAN_KEPADA_ANAK_ANAK

Idul Adha memiliki makna serta pembelajaran hidup yang sangat mendalam bagi kaum muslim, tanpa terkecuali bagi anak-anak yang telah akhil baligh. Oleh karena itu Paud plus Az-zalfa setiap tahunnya  mulai menanamkan pengertian hari raya Idul Adha sedini mungkin agar anak-anak dapat mengerti makna yang terkandung dari perayaan Idul Adha. Rangkaian kegiataanya adalah pengenalan tentang apa itu Hari Raya Idul Adha/Hari raya Kurban, Tentang menyembelih hewan Qurban, dan juga tentang Haji.

Idul Adha seharusnya sudah mulai dikenalkan orang tua kepada anak-anak sedini mungkin, agar tidak terjadi kesalahan dalam memaknai perayaan ini serta penanaman karakter yang bisa dilakukan dan pembentukan pola fikir terhadap anak.

Penting sekali bagi kita para orang tua dan pihak sekolah untuk mengenal sejarah sehingga terjadinya hari raya Qurban ini, sehingga saat akan menjelaskan kepada anak, anda akan lebih mudah dalam memberikan pemahaman tentang hari raya Idul Adha.
Dalam memberikan penjelasan kepada anak anda, ada baiknya gunakan bahasa yang ringan dan mudah difahami, sehingga tujuan anda akan lebih tepat sasaran. Mulailah dengan mengapa hari raya Idul Adha di sebut dengan hari raya kurban, yang kemudian lanjutkan dengan sejarah tentang ketaatan nabi Ibrahim dan nabi Ismail terhadap Tuhan.

Ceritakan bagaimana seorang nabi Ibrahim dengan ikhlas melakukan perintah Allah SWT melakukan perintah yang diberikan kepadanya untuk menyembelih anak kesayangannya nabi Ismail, dan jelaskan juga bagaimana seorang anak dengan hati luas dan ikhlas tanpa ada penolakan sedikitpun untuk mengikuti perintah dari Allah SWT agar bersedia disembelih olah orang tuanya.

Melalui keikhlasan nabi Ismail serta nabi Ibrahim, bagaimana Allah memberikan perlindungan yang setimpal dengan mengganti nabi Ismail dengan seekor qibas (sejenis domba) sehingga nabi Ismail tetap hidup. C

eritakan pula tentang melempar jurah, tawaf serta makna dari kegiatan dan aktifitas haji, sehingga anak akan memahami makan yang terkandung dari perayaan Idul Adha dan secara tidak langsung pola fikir serta pembangunan karakter akan terbentuk dalam diri anak.

Selain kegiatan pengenalan Idul Adha melalui kegiatan bercerita, Di Az-zalfa juga mengadakan penyembelihan 2 ekor Hewan Qurban. Yang hasil dagingnya akan di bagikan ke para fakir miskin di seputar lingkungan sekolah. Banyak hal yang bisa kita tanamkan kepada anak-anak melalui kegiatan ini, kita mencoba menghadirkan sesuatu yang kongkrit, sehingga anak bisa melakukan dan merasakan sendiri apa yang telah mereka lakukan.