Learning Manasik Haji 1439 H

Learning Manasik Haji 1439 H

LEARNING_MANASIK_HAJI_1439_H

Sabtu, tanggal dua puluh enam agustus yang lalu Az-zalfa menggelar agenda reliji tahunan yakni manasik haji. Tapi kali ini lebih meriah karena kakak SOE ikut bergabung bersama. Pagi itu semua berpakaian serba putih. Sungguh indah dipandang. Semua murid berbaris rapi dihalaman samping pendopo kabupaten Pacitan.    Lalu prosesi manasikpun berjalan dengan khitmad. Tiap kloter pemberangkatan dinamai dengan nama negara. Dipandu ms Maya dan mr Lukman tiap kloter dipanggil menuju lokasi untuk melakukan thawaf mengelilingi ka’bah. Ada ms Mega yang siap membantu anak-anak melafalkan kalimat talbiyah. Doa ketika thawaf.

Selanjutnya, anak-anak bersiap untuk melakukan sai, yakni berlari-lari kecil antara shafa dan marwa. Ada sebuah kisah penuh hikmah terselip dalam ibadah ini,yakni ketika Siti Hajar berusaha mencarikan putranya Ismail yang masih bayi air untuk minum sebanyak tujuh kali putaran. Subhanallah… Lalu dengan kuasaNya muncullah sumber mata air dari dalam tanah yang hingga kini tetap mengalir. Ya…air zam-zam yang melegenda hingga sekarang.

Setelah sai, lalu dilanjutkan dengan melempar jumrah. Jumrah yang pertama yakni jumrah Ula kemudian jumrah wustho dan jumroh ‘aqobah. Anak –anak begitu tertib dan khidmat.Dan terakhir adalah Tahalul (mencukur rambut) yang menjadi tanda usainya kegiatan haji. Alhamdulillah….

Semoga suatu hari nanti kita benar-benar bisa mengunjungi tanah suci untuk menggenapkan rukun islam yang ke lima. Amin…