Back To School MOS (Masa Orientasi Siswa)

Back To School MOS (Masa Orientasi Siswa)

BACK TO SCHOOL

Welcome to Az-zalfa…spanduk penyambutan sudah terpasang di depan sekolah..untuk menyambut para murid di tahun ajaran yang baru. inlah hari yang ditunggu tunggu oleh para siswa dan orang tua murid untuk mulai aktivitas belajar mengajar di Paud Plus Az-zalfa. Baik itu murid baru maupun murid yang memang sudah bersekolah di Paud plus Az-zalfa sebelumnya, mereka begitu bersemangat sekali untuk datang kesekolah sejak sedari pagi.

Tapi terkadang lingkungan yang baru, tidak semua murid baru bisa beradaptasi dengan cepat di sekolah, masih ada beberapa anak yang masih minta ditunggui sama orang tuanya, dan juga ada beberapa anak yang masih menangis ketika mereka mengikuti aktivitas disekolah.

Pengelola dan teacher Az-zalfa mencoba mengemas dan merancang berbagai kiegiatan penyambutan bagi siswa baru tahun ajaran 2018/2019, Dengan harapan masa orientasi siswa kali ini bisa mebikin anak-anak merasa senang dan nyaman di lingkungan mereka yang baru. Rencananya MOS yang diselenggarakan oleh PAUD plus A-zalfa ini akan dilaksanakan selama satu minggu. Harapannya kegiatan ini agar siswa mendapatkan kesempatan mengenal seluk beluk sekolah. Acara ini diadakan dalam rangka menyambut kehadiran siswa baru. Di lingkungan PAUD, masa orientasi tidaklah rumit. Anak-anak-anak hanya diajak berjalan keliling sekolah didampingi oleh guru kelas. Ada pun jenis aktivitas dan manfaat dari masa orientasi ini adalah:

  • Berkenalan dengan semua guru dan siswa

Anak-anak didik baru diminta berjalan dari satu kelas ke kelas yang lain. Saat mereka memasuki suatu kelas, mereka akan bertemu dengan kakak kelas mereka dan para guru yang sedang mengajar atau mendampingi di kelas tersebut. Anak-anak didik baru diminta menyapa kepada kakak-kakak kelas dan para guru di kelas

  • Pengenalan ruang dan lingkungan sekolah

Ada banyak ruang dan area di sebuah sekolah. Ada ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang perpustakaan, dan ruang lainnya. Kemudian ada area kebun, area halaman tengah, dll Anak-anak didik baru  diminta berjalan dari satu ruang ke ruang lainnya. Di setiap ruangan, guru pendamping menjelaskan nama ruangan dan manfaat dari setiap ruangan. Anak-anak didik baru juga ditunjukkan beberapa alat peraga, mainan, dan alat-alat lainnya, sehingga mereka akan semakin tertarik untuk belajar di sekolah tersebut.

  • Pengenalan guru kelas dan aturan kelas

Para siswa diajak untuk membuat sebuah lingkaran. Saat membuat lingkaran, guru pendamping memperkenalkan dirinya, lalu disusul dengan guru-guru yang lain yang bertugas mendampingi kelompok tersebut. Setelah itu, guru pendamping juga menjelaskan beberapa aturan kelas yang harus dipatuhi. Misalnya aturan berseragam, aturan  jam kehadiran siswa, aturan pergaulan siswa, dan berbagai macam aturan kelas lainnya.

  • Aneka lomba                                                                                                         

Mos tidak hanya identik dengan kegiatan “perkenalan” yang bersifat formal. Perkenalan bisa divariasikan dalam bentuk yang lain, misalnya dengan mengadakan aneka lomba/game. Dengan mengadakan aneka lomba, maka anak-anak akan semakin mengenal satu sama lain. Mereka menjadi akan lebih akrab dan lebih kompak. Selain itu, lomba juga akan membuat anak merasa bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan.

  • Kegiatan Bersama Orang Tua

Biasanya ada anak-anak berusia dini yang masih enggan berpisah dari orang tuanya. Sebagai pendidik kita harus bisa menciptakan suatu kegiatan yang bertema “beraktivitas di sekolah bersama orang tua”. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, misalnya belajar di kelas bersama orang tua, belajar memasak bersama orang tua, dan bermain bersam orang tua. Semua aktivitas di atas dilakukan bersama orang tua sendi.

  • Kegiatan Keagamaan

Kegiatan mos yang lainyang juga di laksanakan adalah melalui kegiatan keagmaan, selain untuk mengenalkan kepada anak tentang kegiatan keagaan, hal ini juga dalam rangka menginformasikan kegiatan keagaan ini kepada orang tua, anak-anak diajari cara berwudzu, berdoa, dan belajar shalat subuh.

  • Kegiatan di seputar lingkungan sekolah

Selain kegiatan di dalam lingkungan sekolah. Paud plus Az-zalfa juga merancang kegiatan pengenalan lingkungan di seputar sekolah. Dengan mengajak anak berjalan-jalan di seputar sekolah, Teachers berharap agar anak tidak merasa bosan dengan lingkungan sekolah, dan juga mampu mengenalkan mereka terhadap berbagai tempat dan aktivitas yang ada di seputar sekolah.