ANAK ANAK MERDEKA

ANAK ANAK MERDEKA

Anak_Anak_Merdeka

Kemerdekaan Indonesia ini  adalah milik semua kalangan, Tak terkecuali anak-anak usia dini. Dalam rangka memperingati dan menanamkan semangat kemerdekaan bagi anak-anak di Az-zalfa. Paud Az-zalfa menggelar peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang 73

Karena sejatinya kemerdekaan senantiasa mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa, termasuk Indonesia, proklamasi kemerdekaan Indonesia dan pengakuannya oleh dunia telah didapatkan bangsa ini dengan perjuangan berat.

Dengan modal kemerdekaan, suatu bangsa akan memiliki harga diri dan dapat bersama-sama duduk saling berdampingan dengan bangsa di dunia. Dengan kemerdekaan, berarti bangsa Indonesia mendapatkan kebebasan. Bebas dari segala bentuk penindasan dan penguasaan bangsa asing. Bebas menentukan nasib sendiri. Kemerdekaan adalah jembatan emas atau  merupakan pintu gerbang bagi masyarakat yang adil dan makmur.

Anak usia dini yang merupakan bagian dari masyarakat Indonesia juga berhak mendapatkan kemerdekaan dalam menjalani kehidupannya. Mereka berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah salah satu upaya pembinaan yang ditujujan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pembinaan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Merdeka harus dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari sang anak. Guru / wali murid bisa menjelaskan arti merdeka dengan memberikan contoh jika tangan dan kaki kita terlilit oleh tali maka kita tak dapat bergerak dengan bebas. Begitu tali yang mengikat itu lepas kita akan merasakan bebas dan lega, seakan beban itu hilang. Ini sama seperti mengalami kemerdekaan di mana anak dapat melakukan segala hal yang ia inginkan tanpa halangan apa pun hal-hal yang positif.

Hal ini sejalan dengan kegiatan peringatan kemerdekaan yang dilaksanakan oleh Paud plus Az-zalfa. Kegiatan memperingati Kemerdekaan RI ke-73 yang dilaksanakan Kamis, 16 Agustus 2018 dengan kita beri tajuk Ayo Agustusan. Ada berbagai macam rangkaian kegiatan lomba-lomba yang kita laksanakan. Dengan pakaian nuansa merah putih, kita seru seruan melaksanakan kegiatan. Ada lomba makan kerupuk, balap karung, estafet bendera, pukul air, panjat pohon pisang mini, dll.

Kepala Paud Plus Az-zalfa mengatakan , “ bahwa dengan memperingati kemerdekaan berarti ikut mengenang jasa para pahlawan, tidak melupakan sejarah, dan menumbuhkan rasa cinta tanah air. Jayalah bangsaku jayalah negeri, kami sebagai generasi penerus bangsa siap mengisi kemerdekaan dengan belajar dan belajar untuk menjadikan bangsa ini yang besar dan bermartabat, yang berkeadilan dan makmur. Semoga Allah swt merindhoi. Amin..”.